KERAJINAN ONIX-MARMER TULUNGAGUNG: LANTAI MARMER DAN LANTAI GRANIT APA BEDANYA ?

Rabu, 04 April 2012

LANTAI MARMER DAN LANTAI GRANIT APA BEDANYA ?

Lantai Marmer
Lantai Marmer dan lantai granit adalah jenis batuan yang biasa dipakai  untuk lantai rumah dan bagian-bagian nya, seperti  dapur ataupun countertops. Pada jutaan tahun yang lalu Bumi kita telah  memproduksi hasil alam  yang mengagumkan  dan elegant dipandang. Antara  kedua bahan tersebut,yakni Marmer dan granit  biasanya  gunakan  untuk purpose  yang sejenis , Ada perbedaan yang sangat mendasar diantara dua bahan tersebut,yang pertama tentang umur ,granit jauh tampak lebih tua dari marmer,hal ini dapat ditinjau dari tingkat kekerasan bahan tersebut,marmer cenderung lebih mudah pecah daripada granit . Perbedaan lainnya adalah tingkat pembentukan strukturalnya ,sepertihalnya korositas  batuan , untuk marmer  memiliki tingkat korositas lebih tinggi daripada batuan granit
Bagaimana Asal Muasal Keduanya Kawan, ini  sekdar gambaran kecil pembentukan  batuan marmer dan granit.



Batu Marmer
Marmer adalah jenis batu Kristalin  kasar berasal dari batu gamping atau disebut dolomit. Marmer yang murni berwarna putih dan terutama disusun oleh mineral yang disebut kalsit.
Marmer disebut juga dengan batu Pualam, merupakan batuan yang dihasilakan dari  proses metamorfosa atau malihan (bahasa Jawa Red )  dari batu gamping. Pengaruh suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen menyebabkan terjadi rekristalisasi pada batuan tersebut membentuk berbagai foliasi maupun non foliasi.Makanya sebuah tambang marmer biasanya berdampingan dengan tambang batuan untuk Batu Gamping.Gamping merupakan marmer yang masuh sangat muda,sehingga masih kurang baik jika dibuat untuk jenis kerajinan.Akibat rekristalisasistruktur asal batuan membentuk tekstur baru dan keteraturan butir. Marmer Indonesia diperkirakan berumur sekitar 30–60 juta tahun atau berumur Kuarter hingga Tersier.
Suhu yang  panas dan tekanan juga bekerja dalam proses metamorfosa gamping menjadi  marmer, terjadinya metamorfosa ini dalam waktu beribu-ribu tahun. Kotoran yang mengendap dariproses metamorfosa inilah yang menjadikan marmer memiliki corak –corak yang indah .
Granit
Granit adalah batuan jenis  intrusif, felsik, igneusyang umum dan banyak ditemukan. Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi bangunan . Kepadatanrata-rata granit adalah 2,75 gr/cm³ dengan jangkauan antara 1,74 dan 2,80. Kata granit berasal dari bahasa Latin granum.

Meja granit sebagai bidang acuan dalam proses pengukuran
Pada beberapa  bidang industri dan rekayasa,batuan  granit banyak digunakan sebagai bidang atau papan acuan dalam berbagai pengukuran dan alat pengukur. Hal ini dikarenakan granit bersifat kedap air, kaku (rigid), non-higroskopis dan mempunyai  koefisien ekspansi termal yang sangat rendah. Salah satu penerapannya adalah pada mesin pengukur koordinat (Coordinate Measuring Machine).

Granit adalah batuan beku yang menyiratkan bahwa ia terbentuk dari magma cair yang didinginkan perlahan-lahan selama periode waktu. Ini terdiri dari berbagai mineral seperti kuarsa, feldspar mika dan dll Selain menurunkan suhu, magma juga tahan ribuan tahun tekanan berat yang menghasilkan bahan yang sangat keras, tahan gores dan sangat tahan lama. Batu ini disebut batu granit. Ada variasi dalam persentase mineral yang terkandung dalam berbagai jenis granit memberikan berbagai warna. Ini adalah mengapa granit ditemukan dalam warna hitam tapi juga tersedia dalam jenis berbutir dengan adanya garis-garis warna lainnya.

Perbedaan antara Marmer dan Granit Ketika diaplikasikan pada bangunan .

Sekarang bahwa Anda tahu perbedaan mendasar antara dua batu, mari kita melihat perbedaan mereka yang lain.
Baik batuan marmer dan batuan granit digunakan sebagai bahan  lantai dan meja di dapur dan keduanya  memang terlihat elegant , Jenis batuan granit lebih tahan lama dari pada marmer dan lebih tahan gores daripada marmer, sedangkan  marmer lebih mudah  kehilangan kemilau ketika berada  dilingkungan yang sering dipakai berkumpul.sehingga  banyak makanan dan minuman meninggalkan noda pada lantai yang terbuat dari marmer. Oleh karenanya marmer memrlukan perlakuan khusus ketika dipakai sebagai bahan lantai,perawatan ini bisa dilakukan secara berkala anatar dua sampai dengan tiga tahun sekali .Tapi bahan lanatai yang berasal dari batuan  granit, lebih tahan noda tahan lama, seperti baru untuk waktu yang lama. Jadi  makanan dan minuman yang tertumpah  harus segera dibersihkan jika Anda memiliki lantai yang terbuat dari batuan  marmer. Akan tetapi daqlam sisi harga batuan granit memang lebih mahal daripada marmer.
Sekian dulu cerita marmer dan batu granit, ikuti posrting selanjutnya jika anda ingin serius mendalami masalah marmer dan granit .

0 komentar:

Posting Komentar