TEKNIK PEMBUATAN PRASASTI MARMER

TEKNIK PEMBUATAN PRASASTI MARMER
PEMBUATAN PRASASTI MARMER
Teknik ini adalah teknik tertua, muncul didekade awal pengembangan marmer Tulungaggung, sampai sekarang masih dipakai karena ini merupakan tradisi dari para pendahulu kami. Di Tulungagung ini ahli pahat letter ini tidaklebih dari 100 orang saja yang bisa dengan professional mengerjakan prasasti dengan teknik. Tenaga ahlinya sangat terbatas sekali.Dan menurut penelusuran dan survey yang telah kami lakukan .Yakni dengan mempergunakan Tatah atau pahat khusus yang  bermata baja intan atau  tatah carbon.
PRASASTI MARMER_ Ketika ada yang bertanya  bagaimana cara pembuatan prasasti marmer di Campurdarat Tulungagung itu ..tekniknya?? wah,,sebnarnya ini rahasia perusahaan brow,akan tetapi nggak apalah buat sekedar pengetahuan aja buat kawan-kawan blogger san para customer ku juga ,biar mereka sedikit banyak mengetahui juga bagaimana kesulitan nya bikin prasasti marmer ini...he..he.,.he.. siapa bilang ini sulit...nggak koq...


Kami akan berkata apa adanya, dalam bisnis ini dengan segala plus minus dan segala konsekwensinya… Termasuk jika anda tidak jadi deal sekalipun…tidak ada yang ditutup-tutupi, tidak factor pembodohan, tidak ada Ghurur ( tipuan yang dipelesetkan ) tidak aka nada kedustaan yang kami kembangkan dalam bisnis ini.Dan kami juga bukan orang yang sok tahu, akan tetapi kami memang yang ahli dalam penentuan kwalitas prasasti marmer ini, Karena selama ini kami selalu meresearch dan mencatat setiap Plus minus apa yang telah kami lakukan selama ini sebagai sebuah catatan penelitian kecil dibengkel prasasti marmer  ini.

Sebagaimana yang umum dikerjakan dimasyarakat kami, ada beberapa teknik pembuatan prasasti marmer.Yakni :
1.       TEKNIK LETTERING /TEKNIK TATAH/PAHAT/ UKIR   ( It’s the same name)
Teknik ini adalah teknik tertua, muncul didekade awal pengembangan marmer Tulungaggung, sampai sekarang masih dipakai karena ini merupakan tradisi dari para pendahulu kami. Di Tulungagung ini ahli pahat letter ini tidaklebih dari 100 orang saja yang bisa dengan professional mengerjakan prasasti dengan teknik. Tenaga ahlinya sangat terbatas sekali.Dan menurut penelusuran dan survey yang telah kami lakukan .Yakni dengan mempergunakan Tatah atau pahat khusus yang  bermata baja intan atau  tatah carbon.Dilakukan dengan manual dengan ketrampilan teknik tingkat tinggi kesulitannya. Keunggulan teknik ini : hasil letternya berbentuk V ,seluruh huruh/ font yang dihasilkan selalu  membentuk huruf V dialurnya.Alur lukanya Lebih dalam sekitar 1,5_ 2 MM untuk standart Prasasti PNPM.  dan keistimewaan lainnya adalah bekas luka batu yang tidak akan hilang meskipun cat pada huruf  ini terkelupas terlebih dulu.Kelemahannya :  huruf atau font yang dihasilkan tidak bisa seragam karena sangat sulit sekali menyeragamkan font tersebut secara manual, tidak bisa memberikan logo dan gambar dengan tingkat  kejelasan  luka pahat yang bagus, tidak bisa menyentuh ukuran font yang kecil ,yakni minimal harus diatas 1,2 CM, baru kelihatan bagus.Lintas garisnya  sedikit berkelok dan keseragaman tinggi-rendah  fontpun kadang mengganggu pemandangan sekilas dari produk ini.Hanya yang benar-benar professional yang bisa menyeragamkan nya.Dari survey kecil kami ada kaitan goresan ini dengan tingkat kejujuran tukang pahat prasasti marmer ini, sangat berkaitan dengan psikologis sang pemahat.

2.       TEKNIK ACCIDING / CHEMIST/CAIRAN KIMIA  
Teknik ini dikenal sejak tahun 90_an akhir, dengan mempergunakan cairan asam tertentu,akan terjadi reaksi yang menggumpalkan  Zat kapur   yang terkandung di batuan, sehingga zat kapur ini terangkat keatas,Hanya batuan tertentu saja yang bisa mempergunakan teknik ini, seperti batuan asli Tulungagung dan beberapa jenis marmer lain.Sedangkan untuk jenis Batuan Andesit dan granit tidak dapat dikerjakan dengan teknik tersebut.Keunggulan method ini, huruf dan gambar disetting dengan computer, sehingga lebih seragam dan lebih tertata rapi.Margin kanan dan kirinya pun lebih bagus.Varian Bentuk font prasasti marmer ini tidak terbatas ,karena tinggal install saja dikomputer kita. Kelebihan lainnya pengerjaan pada gambar dan logo sangat detail dan bisa menembus pengerjaan font kecil  sekitar 5_7 MM pun akan sanggup dikerjakan dengan jelas.Kelemahannya ,biasanya tidak  mampu melukai batu dengan kedalaman, untuk batuan yang memerlukan filling ( penambalan lubang dengan lem batuan ) fontnya tidak dapat ditembus dengan cairan kimia  dan Lukayang dihasilkan dari pemnggunaan method ini akan berwarna mengkilap,  pada saat cat terkelupas maka teksnya akan sama persis dengan warna batuan ,sehingga prasasti marmer anda  seakan-akan tidak bisa dibaca lagi.Jadi method ini memerlukan perawatan rutin setiap catnya hilang.

3.       TEKNIK GRAFIR ( ThE Newest Methode )
Teknik ini menggabungkan teknik setting computer,dengan teknik kimia diawal pengerjaan, dan kemudian diteruskan dengan  melukai  prasasti marmer dengan mesin grafir.Teknik ini baru akan kami launching  di tahun anggaran 2012 ini.Karena masih belum pernah digunakan sebelumnya di Tulungagung kami tidak akan menceritakan nya secara panjang lebar, sebagai rahasia perusahaan. Kelebihan teknik ini: memiliki kedalaman antara 1 MM_15 MM bahkan lebih, keseragaman huruf dan margin prasasti marmer  karena disetting dengan computer.Bisa menembus logo dan gambar ukuran kecil,termasuk untuk ukuran font dibawah 7 MM.Terjadiluka yang tidak akan hilang  pada saat cat terkelupas, sebagaimana dengan teknik tatah.InsyaAllah ini merupakan methode terbaik sebagai solusi produk massal dalam jumlah besar.Pengerjaan sangat singkat  dan cepat.Teknik ini merupakan penyempurnaan dari beberapa teknik diatas, kelemahan-kelemahan kedua teknik diatas akan dapat diminimalisir dengan teknik ini.

4.       TEKNIK GABUNGAN .
Selama ini kami selalau menerapkan teknik gabungan  untuk pengerjaan prasasti marmer ditahun anggaran 2011 yang lalu.Maksudnya dalam satu buah  prasasti marmer terdapat beberapa teknik yang kami padukan.Untuk loggo dan gambar serta teks “ pengerjaan ini dilaksanakan oleh masyarakat dst…………………” menggunakan teknik kimia, sedangkan untuk Isian proyek, Volume,Jumlah dana BLM dan MDST kami mempergunakan teknik tatah, untuk melindungi dan menjaga kelestarian teksnya jika cat terkelupas.

Dengan mengenal Teknik-teknik pengerjaan  prasasti marmerdengan berbagai plus-minus dalam setiap teknik, kami harapkan anda sebagai konsumen kami akan merasa puas dan juga tidak merasa tertipu dengan apa yang telah kami kerjakan,karena pada dasarnya kami ingin mempersembahkan prasasti marmer yang terbaik untuk anda semua.

5 komentar untuk "TEKNIK PEMBUATAN PRASASTI MARMER"

  1. wah ini yang saya bingung, klo tulisan si ga bingung bisa di tatah. klo tanda tangan, mugnkin pake yang metode acciding kali ya gan.? soalnya kan ga mungkin bisa di tiru tanda tanggan. lagi juga klo tanda tangan di marmer prasasti, alus banget.

    BalasHapus
  2. Sebenarnya untukpengerjaan Tandatangan bisa dikerjakan dengan ditatah dan acciding,Untuk ditata pengerjaanya ya..manual gitu,tapi utnuk acciding memerlukan cutting stiker untuk pengerjaannya,seandainya penandatanganan nya minta secara langsung Oleh Bupati dan Camat ( bukan TTD Palsu/duplikatan) Biasanya banyak juga yang mempergunakan duplikat TTD pejabat tsb guna mempermudah teman-teman TPK.Untuk Yang mempergunakan cutting stiker Cairan Asam tersebut ditumpahkan secara berhati-hati diatas stiker,jangan lupa stikernya disetting minus lho....

    BalasHapus
  3. wah cukup rumit juga ya pengerjaannya, tapi hasilnya sepadan. bagus klo di liat gan. makasih penjelasannya.

    BalasHapus
  4. Terimakasih Om sudah berkunjung ke Lapak dagang saya...

    BalasHapus
  5. Selamat datang dilayanan Prasasti Marmer ,Di Bintang Antik Sejahtera,anda sudah berada ditempat Yang tepat untuk pembuatan prasasti Marmer ,karena kita memang ahlinya..Terimakasih sudah berkunjung dilapak dagang kami...

    Admin Bintang Antik Sejahtera

    BalasHapus

Maya Silviana
(WA) 085852626380 – 081333675088
Email : ordermarmer@gmail.com
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 35, Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272.